Walktrought Suikoden Tierkies Indonesia

Kali ini saya akan share walktrought suikoden tierkies, yang pastinya bahasa indonesia heheheh. Mengapa suikoden ????????? karna saya sendri termasuk suiko loverz :3 . Suikoden itu menurut saya game RPG terbaik yang ada di dunia game :D , mengapa demikian karena suikoden itu fiturnya super duper luengkap :3 dari character yang yang paling banyak yaitu 108 SOD , mini game yang asik-asik , sistem battle yang beda- beda dan menarik dan masih banyak lagi :3 . Judul terbaru untuk serial Suikoden kali ini muncul ini Nintendo DS. Masih mempertahankan cerita bagus dan karakter-karakter yang menarik. Memang ada beberapa perubahan disana sini, namun tetap mempertahankan ciri khas dunia Suikoden. Peningkatan grafis dan perekrutan 108 Stars of Destiny hanya salah satu daya tarik untuk memainkan game ini. Jadi tunggu apalagi? 
Suikoden Tierkreis
 
TIPS:
- Untuk musim di Suikoden Tierkreis, perhatikan sisi kiri atas layar untuk icon yang ada. Musim dimulai dengan Sprout - Bud - Flower - Sprout - dst... Musim mempengaruhi Quest serta perekrutan karakter kelak. Tiap musim berlangsung selama 30 hari.
- Perhatikan bahwa musuh juga memiliki kelemahan di atribut tertentu, jadi manfaatkan sebisa mungkin dengan menggunakan equipment yang sesuai.
- Tidak ada item yang bisa membawa kamu keluar secara otomatis, sehingga kamu harus berjalan sendiri ke luar. Jadi pastikan sebelum menuju ke dungeon atau meneruskan cerita, stock item yang kamu miliki lebih dari cukup.
- Hati-hati saat menjelajahi dungeon, karena terkadang akan muncul musuh yang memiliki kekuatan besar seperti boss. Muncul atau tidaknya beberapa musuh tergantung pada musim apa yang sedang kamu lalui saat menjelajahi dungeon tersebut.
- Untuk merekrut karakter, jika belum bisa direkrut, hindari menjalani Quest tertentu atau mungkin kamu harus meneruskan cerita dulu.

CHAPTER 1: INTRODUCTION

Citro Village
Lihat event begitu memulai permainan dan beri nama sang Hero. Selesai memberi nama, lihat event lagi dan kamu bisa melakukan save di bola biru dekat pintu. Setelah melakukan save, keluar dari rumah dan pergilah ke Town Square. Bicara dengan Dirk kemudian pergilah ke Elder's House. Lanjutkan ke General Store untuk menemui Jale yang akan memberikan Medicine x4.
Kembali ke Town Square untuk menemui Elder dan kamu akan diberitahu mengenai tujuanmu selanjutnya.Tinggalkan kota ini dan tujuan kamu berikutnya adalah sisi timur, dengan menuju ke selatan terlebih dahulu. Mampir dulu ke sebuah rumah petani yang ada untuk berbicara dengan Yadima. Lakukan level up dan jangan segan kembali ke Citro Village untuk melakukan save atau heal.

Eastern Hill
Begitu masuk, kamu akan melawan beberapa Lagart. Musuh keroco biasa kok, jelajahi area ini setelah menang dan ikuti jalan yang ada sampai akhir dan melawan para Lagart. Kemudian cobalah kembali ke tempat semula untuk event.

Flesaria Forest - Forest Ruins
Ikuti jalan sampai kamu menemukan save point, lakukan save dan lanjutkan perjalananmu untuk bertemu dengan boss pertama. Kamu nggak akan bisa keluar setelah mengalahkan boss, jadi ikuti saja jalan dibelakangmu sampai ke akhir jalan untuk event lagi.

BOSS: Skull Guts
Gunakan serangan gabungan dan jangan lupa menyembuhkan HP. Boss ini cukup kuat, tapi untung HPnya nggak terlalu besar.

BOSS: Skull Guts x3
Gunakan Mark of the Stars untuk menghabisi mereka. Magic yang dimiliki Hero dan Jale bisa digunakan untuk menyerang musuh, sedangkan magic Marica bisa digunakan untuk melakukan penyembuhan. Dirk bisa menyerang biasa atau menggunakan Medicine.
Dapatkan Shining Legacy setelah menang serta event. Kembali ke Citro Village, tapi sebaiknya mampir dulu ke Yadima untuk bicara dengannya. Begitu masuk Citro Village, akan ada event lagi dan kamu akan mendapat misi berikutnya. Tinggalkan Town Square dan Liu akan mengusulkan untuk menjual Lagard Pelts di Trade Shop. Lakukan sarannya, tapi jangan jual semuanya.
Setelah beres menjual barang yang kamu mau, beli equipment untuk karaktermu KECUALI Dirk. Saat kamu meninggalkan kota, Dirk akan mundur dari kelompok. Kamu akan tiba di World Map dan Jale akan menjelaskan mengenai musim. Masuki hutan yang di paling ujung.

Flesaria Forest - South
Begitu masuk, kamu akan menemui para Wanderer dan Hotupa akan ikutan namun belum bisa digunakan. Kalau kamu bicara dengan pria di sisi kanan kemah, dia akan membiarkanmu beristirahat. Lanjut ke area berikutnya, lihat event kemudian teruskan menuju ke jalan yang ke arah selatan. Kamu akan menghadapi musuh baru. Kamu nggak bisa mengalahkan musuh ini tapi cobalah menyerang beberapa kali sambil memperhatikan HP.
Setelah beberapa saat, lihat event dan Marica? akan bergabung denganmu. Teruskan menjelajahi area ini dan jangan khawatir bakalan nyasar karena Marica? akan menegurmu jika kamu salah jalan. Teruskan perjalananmu untuk event dan tiba di World Map. Kembali ke Citro Village kalau kamu butuh healing sebelum memasuki daerah berikutnya.

Fortress Ruins
Masuki tempat ini dan terus sampai ke Plaza kemudian ke selatan untuk event lagi. Kembali ke area kamu masuk pertama kali tapi siapkan dirimu sebaik mungkin.

Boss: Saw Kingfisher - Renegade
Serangan gabungan Marica dengan Marica? cukup efektif dalam menghadapi boss ini. Serang dengan serangan terkuatmu, termasuk magic. Lebih baik kalau ada karakter yang bersiap untuk melakukan healing, Marica merupakan pilihan yang baik dengan magic miliknya. Kalau seranganmu berefek 0, maka serangan penghabisan harus diberikan oleh Marica?.
Kembali ke Gateway untuk event lagi dan Marica? akan meninggalkan kelompok. Tinggalkan area ini dan pergi ke kiri, untuk bergabungnya Moana. Namun dia tidak akan ikut bersamamu, teruskan saja perjalananmu ke kiri untuk tiba di World Map. Sesuai perkataan Hotupa, tujuan berikutmu adalah Cynas tapi kamu harus melewati Fleysaria Forest - North terlebih dulu.

CHAPTER 2: ORDER

Grayridge
Selesai event, pergilah dulu ke Vendor / Trading Post untuk event lagi. Lakukan Trade kalau mau, tapi JANGAN beli equipment karena harganya MUAHUAL. Tempat selanjutnya yang harus kamu kunjungi adalah Inn untuk event lagi. Kamu bisa melakukan save disini. Lanjutkan kunjunganmu ke Outside Ch Hall untuk event lagi dan bicara dengan Gilliam di sisi kanan. Kembali ke Inn dan bicara dengan pemilik penginapan.
Logan akan masuk di dalam kelompokmu, menggantikan Hotupa untuk sementara. Pergilah ke Mine dan kamu bisa mulai menjelajah tempat ini. Ada beberapa jalan rahasia yang akan membawamu ke area lain. Pastikan memeriksa dinding yang ada cahaya putih. Setelah puas menjelajah area ini, turun ke bawah untuk event lagi. Setelah tiba di B3, teruskan perjalananmu sampai kamu menemukan save point.
Lakukan save dan sembuhkan dirimu sebelum meneruskan ke kanan. Oh ya, Hero memiliki kemampuan untuk menggunakan dual sword alias dua pedang, jadi saya menggunakan pedang sebagai senjata utama Hero. Tentu saja terserah padamu mau menggunakan senjata apa untuk Hero.

Boss: Six Eyed Worm
Untuk boss ini, Jale sebaiknya bertahan sebagai healer karena boss ini kuat terhadap serangan tipe strike. Serangan Hero cukup kuat jika dia menggunakan pedang. Kalau masih kerepotan, sebaiknya Marica juga kamu pusatkan sebagai healer. Serangan fisik lebih efektif dibandingkan serangan magic.
Sebaiknya save dulu di tempat sebelumnya kemudian lanjutkan terus ke arah kanan untuk menemukan lift, tapi kamu nggak bisa naik dulu. Terus ke kanan dan kamu bakalan melihat event, dapatkan Noble Steel di akhir event kemudian kembali ke lift tadi dan kamu akan kembali ke atas. Cobalah meninggalkan Mine untuk event lagi.

BOSS: Gilliam
Keluarkan serangan terkuatmu saat ini. Habisi dulu anak buah Gilliam satu persatu dengan magic dan serangan fisik Logan. Setelah dua anak buahnya tewas, baru serang Logan. Sebaiknya salah satu karaktermu (Logan atau Marica) bertahan sebagai healer dengan item atau magic sampai ke dua anak buah Gilliam tewas. Kalau kamu cukup pede, Two-Way Strike Jale cukup efektif dalam menjatuhkan Gilliam. Tapi kamu juga harus memperhatikan juga HP Jale.
Selesai event, kamu akan berakhir di Inn.Pergilah ke Outside Ch Hall dan bicara dengan penjaga pintu untuk masuk ke Hall untuk event. Selesai itu, cobalah meninggalkan area ini untuk event lagi. Karena harga sudah normal, kamu bisa mulai belanja. Kembali ke Inn dan Erin akan kembali bergabung denganmu. Sebelum meninggalkan Greyridge, kembali lagi ke Inn dan bicara dengan Logan. Susun posisi party dan letakkan Erin di dalam support.
Setelah puas dengan belanja, tinggalkan Greyridge. Kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk menaikkan level dan mengumpulkan uang di tempat sebelumnya. Lakukan trading juga kalau mau. Di World Map, lanjutkan perjalananmu memasuki Fort Arc di utara. Lihat event kemudian lanjutkan terus ke utara sampai kamu tiba lagi di World Map. Udah tahu kan tujuan kamu berikutnya?

Cynas
Akan ada event setelah kamu memasuki Cynas. Selesai itu kamu bisa mulai menjelajah dan berbelanja, hindari Inn terakhir. Setelah puas melakukan semuanya, baru pergi ke Inn dan bicara dengan pemilik penginapan untuk event. Cobalah meninggalkan penginapan kemudian kembali ke ruangan si kakek untuk melihat event yang cukup panjang. Di akhir event, ada pertarungan menantimu.

EVENT BOSS: Fergus + Conon
SETIAP EVENT BOSS BIASANYA MENGHARUSKAN KAMU BERTAHAN SELAMA BEBERAPA TURN. LAKUKAN SAJA DEFEND SAMBIL MENYERANG SEKALI-KALI.

CHAPTER 3: DEFENSE
Kembali ke Grayridge dengan melewati Fort Arc. Selesai event, masuki Grayridge kemudian pergilah ke Outside Ch Hall untuk event lagi. Lanjutkan ke Inn dan Logan bergabung kembali. Tujuan kamu berikutnya adalah Gateway yang ada di Mine 2F, jadi pergilah ke sana. Marica dan Jale akan meninggalkanmu untuk sementara setelah event selesai.

Fortress Ruins
Tinggalkan Gateway dan selesai event, kamu bisa mulai menjelajahi kastil ini, tapi pastikan melakukan save terlebih dulu. Setelah save, naik ke lantai 2 dan masuki ruang sebelah kiri untuk event lagi. Kelompokmu kelak akan terbagi menjadi 3, dengan Marica berada di kelompok Hero. Jale bersama Hotupa dan Dirk bersama Logan. Save dulu kalau belum yakin dan setelah siap, bicara dengan Liu.
Hero hanya bersama Marica untuk melawan musuh berikutnya, gunakan saja magic Marica digabung dengan serangan fisik. Gunakan item untuk menyembuhkan HP jika diperlukan. Setelah menang, lihat lagi event.

EVENT BOSS: Fergus & Conon
Lihat event lagi dan teman-temanmu akan kembali bergabung. Save game kamu di lantai bawah kemudian pergi ke pintu depan (barat dari Plaza) untuk event lagi. Saat kamu bisa mengendalikan Hero lagi, turun ke lantai bawah dan pergilah ke pintu belakang (paling kanan kastil). Selesai bicara, pergi bicara dengan Moana dan laporkan semua Quest yang sudah kamu selesaikan sejauh ini untuk mendapakan reward.
Kembali ke lantai atas dan bicara dengan Aswald. Pilih "Yeah " untuk melanjutkan cerita. Tentukan nama untuk pasukanmu, yang keren yah.. atau mau Orange Army? Marica akan ikut bersamamu, diikuti oleh Chrodechild dan Asad. Tinggalkan kastil ini dan Mislato River akan muncul. Tujuan kamu adalah El-Qaral dengan melewati Mislato River. Kamu belum bisa menjelajah bebas area ini karena banyak ditutup oleh pasukan Magedom.

El-Qaral
Tujuan kamu adalah Imperial Plaza, tapi kalau kamu mau kamu bisa menjelajahi tempat lain dulu. Lihat event saat memasuki Imperial Plaza dan Chrodechild akan meninggalkanmu. Lanjutkan perjalananmu ke Arcane Academy untuk event lagi. Kamu akan mendapatkan Fierce Regalia. Sentuh bola berwarna merah di dekatmu dan kamu bisa mengatur magic yang akan dipasangkan ke karaktermu.
Tinggalkan tempat ini dan mulailah berbelanja kalau kamu belum sempat sebelumnya. Setelah beres dengan urusanmu, tinggalkan kota ini untuk pembicaraan pendek dan kembalilah ke kastilmu.

Fortress Ruins
Kembalilah ke Great Hall untuk melaporkan pertemuanmu di Magedom. Beri nama kastilmu, saya akan menyebutnya sebagai HQ mulai saat ini. Lihat event yang cukup panjang setelah ini. Kamu bisa mulai merekrut karakter mulai saat ini. Untuk berganti karakter, kamu perlu bicara dengan Erin di Inn, sebelah kiri dari save point.
Selen (10/108)

CHAPTER 4: CONSORTS

HQ
Untuk meneruskan cerita, bicara dengan Moana. Dia akan memberitahukan bahwa kamu memiliki tiga tugas berbeda, masing-masing dari 3 Ratu Magedom. Kamu hanya bisa menjalankan satu misi dan menyelesaikannya sebelum menerima misi lain.
* 1st Empress Consort Shairah *
Setelah beres dengan persiapanmu, pergilah ke El-Qaral. MasukiImperialPlazauntuk event lagi. Kamu harus mengatur party dan Asad wajib dibawa. Pilih Head Out setelah selesai memilih untuk menonton event lagi. Tinggalkan El-Qaral dan masuki Mislato River. Kalau kamu masuk dari sisi El-Qaral, ikuti jalan mencapai save point dan dari sana lanjutkan ke utara. Ikuti saja jalan yang ada sampai muncul event.
Lanjutkan perjalanmu sampai kamu tiba di area berikutnya. Lanjutkan terus sampai event lagi. Kalahkan musuh yang menghalangi jalanmu untuk meneruskan cerita. Cougar akan bergabung sementara denganmu. Kembalilah ke El-Qaral dan masuk ke dalam Inn untuk event lagi. Autop... Examination. LOL Tinggalkan Inn dan Asad akan menegurmu.
Kembali ke HQ untuk event lagi. Cobalah kembali ke Entrance, dimana Moana berada untuk event lagi. Lanjutkan lagi ke Entrance untuk tambahan event dan persiapkan dirimu sebaik mungkin. Kalau kamu sudah merekrut Selen, bawa dia bersama Jale untuk serangan gabungan mereka. Liu wajib dibawa di dalam pertarungan ini. Save kemudian pergilah ke pintu utama (kiri dari Plaza).

BOSS: Porpos + Porpos Soldier x2
Mereka cukup lambat, tapi serangan mereka cukup kuat jadi jangan lengah dan perhatikan HPmu. Pusatkan seranganmu ke satu musuh terlebih dulu, Liu bisa berperan sebagai attacker untuk Porpos yang ada di deretan belakang. Serangan gabungan Jale dan Selen juga cukup efektif.
Setelah menang, kembali ke Entrance kemudian naik ke atas. Di lantai ini, masuki pintu di sisi kanan untuk event lagi. Ikuti jalan menuju ke Grayridge sampai kamu melihat event berikutnya.

EVENT BOSS: Nova
Kamu bisa tarik nafas sesaat selesai event. Naikkan level karakter, rekrut karakter dan jangan lupa memasangkan magic atau skill dengan memeriksa bola merah yang ada di dekat save point. Setelah beres dengan segala urusanmu, saatnya menjalankan misi berikutnya.
Sisuca (14/108)
*2nd Empress Consort Rizwan*
Bawa anggota terkuatmu saat ini. Jale dan Selen merupakan pilihan yang cukup bagus untuk pertarungan berikut. Bawa juga satu magician sebagai healer. Setelah semua persiapan selesai, pergilah ke El-Qaral dan cobalah memasuki Arcane Academy untuk bertemu Taj. Setujui permintaannya dan ganti tujuan sebentar, pergilah ke Prince's Palace dan sanggupi permintaan Sham untuk mendapatkan Academy Key.
Pergilah keArcaneAcademysetelah semua urusan beres dan temui Rizwan. Kalau kamu sudah merasa yakin, terima tantangan Rizwan.
 
BOSS: Rock Dragon
Gunakan serangan pedang untuk damage terbesar. Sebaiknya ada karakter yang bersiap untuk melakukan healing. Serangan gabungan juga cukup efektif. Masterpiece Hero merupakan teknik terkuat yang kamu miliki sejauh ini, jadi manfaatkan sebaik mungkin.
Setelah menang, periksa pintu disebelah kanan dan terus turun ke bawah untuk memasuki pintu yang ada. Selesai event, kembali ke atas dan laporkan penemuanmu ke Sham. Kemudian tinggalkan Magedom untuk kembali ke HQ. Sebaiknya lakukan Quest: Arcane Academy Tour saat ini, sebelum mengambil Quest Consort terakhir.
*3rd Empress Consort Kureyah*
Langsung cabut ke El-Qaral dengan kelompok pilihanmu. Begitu masuk, akan ada event lagi. Lanjutkan ke Prince's Palace untuk menemui Kureyah. Jawab dengan "Okay. " Setelah kamu siap. Sesuai petunjuk yang ada, pergilah ke Mislato River dan ambil jalan ke selatan. Ikuti terus jalan yang ada sampai di layar kedua. Teruskan perjalananmu sebentar untuk event serta battle.

BOSS: Ruffian Head + Ruffian x2
Nggak terlalu sulit. Gunakan saja serangan fisik dan habisi satu persatu sebelum berpusat ke Ruffian Head.

Salsabil
Akhirnya sampai juga! Sesuai dengan perintah Kureyah, pergilah ke Viceroy's Mansion terlebih dahulu. Selesai event, kamu bebas menjelajah. Setelah selesai dengan urusanmu, beristirahatlah di Inn dan hari berikutnya jemput Kureyah di Viceroy's Mansion. Masuk ke dalam dan lanjutkan dengan kembali ke El-Qaral. Untungnya kamu nggak perlu lewat Mislato River lagi, tinggal tunjuk Magedom dan langsung ke sana.
Masuk ke dalam Prince's Palace dan coba kembali ke HQ. Setelah Nakil memberitahu apa tujuanmu berikutnya, kembalilah ke HQ dan masuki Entrance untuk event lagi. Lakukan save kemudian pergilah ke Great Hall. Kamu harus membagi kelompokmu menjadi 3, kelompok Hero, kelompok Jale dan kelompok Logan. Jale dengan Selen sebetulnya sudah mencukupi. Setelah siap, pilih Head Out.
Kelompok Jale akan maju pertama, disusul dengan kelompok Logan. Kelompok Hero akan maju terakhir. Kalau anggotamu memiliki level yang cukup dan equipment yang cukup kuat, kamu nggak akan kesulitan disini. Setelah menang, lihat event lagi. Turun ke bawah untuk menemui Moana dan ambil semua hasil Quest yang kamu jalani.

CHAPTER 5: ALLIANCE

HQ
Jalani Quest Find Somebody terlebih dulu dan sekarang merupakan saat yang tepat untuk menaikkan level karakter. Untuk meneruskan cerita, pergilah ke Great Hall untuk event. Persiapkan kelompokmu, Cougar akan ikut secara otomatis. Pastikan kamu punya healer atau Medicine cukup.

Ladzaa Fortress
Setelah event, ikuti jalan yang ada sampai kamu tiba di Ladzaa Fortress. Seiringan perjalanan ke sana kamu akan menghadapi 2x pertempuran wajib, habisi saja mereka sebisa mungkin dan teruskan perjalananmu untuk bertemu Roberto serta event. Lanjutkan ke Ladzaa Fortress untuk event anime.

EVENT BOSS: Vaslov + Resno

HQ
Kamu akan kembali ke HQ secara otomatis. Saat kamu bisa mengendalikan Hero, pergi ke arah Gateway untuk event lagi. Kembali ke Plaza untuk bertemu Liu dan kamu diminta datang ke Great Hall. Lakukan saran Liu dan dia bersama Cougar akan bergabung secara otomatis. Pilih satu karakter lagi, tapi sebaiknya kamu naikkan level Liu karena dia akan sering kamu bawa kelak. Tinggalkan HQ dari arah pintu masuk (kiri dari Plaza) dan Gadburg akan bergabung.
Untuk merekrut karakter berikutnya, pergi dulu ke Ch Hall di Greyridge. Temui Luvias disana, kemudian pergilah ke Tehah Village dengan melewati Gineh Valley. Pastikan bicara dengan nenek pemilik toko item untuk syarat merekrut satu karakter lagi kelak. Begitu tiba di Tehah Village, pergilah ke Plaza untuk bertemu "kawan" lamamu.
Luvais (17/108)

Ch'olui Mountains
Ikuti saja jalan yang ada sampai muncul event pendek. Ikuti Nhazu ke sisi kanan untuk bertemu dengan Dogha. Setelah dia bersedia membantu, kembali ke persimpangan sebelumnya (ada petunjuk jalan) dan teruskan perjalananmu. Mendekati akhir, akan ada event lagi jadi ikuti saran Dogha dan lihat event. Kamu bisa meneruskan perjalananmu sampai tiba di World Map. Dogha dan Nhazu akan meninggalkanmu.

Naineneis
Setelah cukup kagum, masuk ke dalam kota ini dan hampiri pintu masuk untuk event yang cukup panjang. Ninmi akan bergabung sebagai anggota ke empat dan support chara kamu juga menghilang. Masukkan kembali support charamu di Inn. Persiapkan dirimu sebaik mungkin sebelum meninggalkan kota ini. Tujuan kamu berikutnya akan disinggung oleh Ninmi, tapi kamu bisa menaikkan level Ninmi dulu kalau mau di tempat lain.

Coastal Cave
Tidak ada save point di dungeon ini, jadi persiapkan dirimu sebaik mungkin. Maju sedikit untuk event lagi dan kamu bisa meneruskan perjalanan. Kalau kamu terus ke utara, maka kamu akan melihat 5 geyser. Dari kiri ke kanan, naiki geyser nomor 1 dan nomor 4. Naiki geyser yang tengah terakhir, karena itu adalah tujuanmu. Saat kamu tiba di area dengan banyak uap, sembuhkan diri sebelum melanjutkan ke area berikutnya.

BOSS: Bowing Crab
Sama seperti saat Marica? mendampingimu di awal game, boss ini hanya bisa dihabisi oleh serangan Cougar. Jadi serang saja dia terus dengan serangan terbaikmu dan saat semua seranganmu hanya berakibat damage 0, ini tandanya Cougar harus menyerang boss ini.
Setelah menang, jalan sedikit untuk event lagi dan kamu akan mendapatkan Cerulean Flux. Kamu mungkin sudah sadar bahwa HP serta MP kamu sudah pulih, balik badan dan cobalah meninggalkan dungeon ini untuk boss berikut.

BOSS: Conon
Gunakan Masterpiece milik Hero untuk menimbulkan damage yang besar. Cougar juga bisa membantu dengan Two-Way Spear. Jangan lupa menyembuhkan HP dan MP. Liu bisa membantu dengan healing atau magic. Ninmi juga bisa membantu menyerang, tapi kalau dia terlalu lemah, sebaiknya gunakan dia sebagai healer.
Setelah AKHIRNYA bisa menghajar Conon, tinggalkan dungeon ini dan kembalilah ke Naineneis. Masuk ke dalam Temple untuk melaporkan hasil kerjamu, selesai event sebaiknya kamu beristirahat di Inn dan lakukan save sebelum kembali ke HQ. Sebelum melanjutkan, kamu bisa merekrut karakter atau menaikkan level karakter dulu.

CHAPTER 6: TENSION

HQ
Persiapkan karaktermu sebaik mungkin dan jangan lupa melakukan save. Setelah siap, pergilah ke Great Hall untuk melanjutkan cerita. Bicara dengan Liu untuk menyerang musuh. Liu wajib dibawa di dalam kelompokmu, jadi variasikan kelompokmu. Satu kelompok lagi berisi 3 Porpos, jadi kamu hanya bisa meletakkan 1 karakter lagi. Pergilah ke El-Qaral kemudian masuki Imperial Palace untuk event.
Selesai bicara, pergilah ke Blade Outpost untuk bicara dengan Chrodechild. Setelah beres, bicara dengan Asad di Imperial Palace dan katakan kamu siap. Ikuti saja jalan yang ada sampai tiba di Ladzaa Fortress. Kamu akan melawan 3 Auster Soldiers. Gunakan serangan bertipe strike dan magic. Lihat event lagi.

EVENT BOSS: Vaslof & Resno
Setelah 3 turn, kamu akan mengendalikan kelompok Porpos. Tidak sulit, gunakan serangan gabungan mereka kalau mau dan habisi musuh satu persatu. Setelah musuh kalah, lihat event lagi. Lanjutkan ke arah kiri dan dekati pintu yang ada di sudut kiri untuk event. Cougar akan meninggalkanmu. Bicara dengan Asad dan setujui untuk membantunya untuk meneruskan cerita. Event lagi, cobalah meninggalkan tempat ini untuk bertemu dengan Chrodechild.
Keluar dari benteng dan terus saja ke kanan sampai ada event animasi. Asad akan bergabung denganmu, jadi tinggalkan area ini dan kembalilah ke El-Qaral untuk event lagi. Masuki Inn dan bicara dengan pemilik Inn untuk event lagi. Bentuk party menjadi 2 kelompok, kelompok Hero dan kelompok Asad. Setelah beres, tinggalkan Inn dan lanjutkan keArcaneAcademy.
Tujuan kamu adalah ruangan di paling bawah, jadi pergilah ke sana setelah menghabisi penjaga di tangga. Lanjutkan sampai kamu tiba di dasar tinggi dan terus ke kiri untuk mencapai tujuanmu. Kembali ke lantai atas tapi sembuhkan dirimu sebelum mencapai ruangan atas karena ada pertarungan boss menanti.

BOSS: Rock Dragon
Boss ini nggak banyak berubah dari sebelumnya. HPnya bertambah namun dia masih cukup mudah untuk dikalahkan. Gunakan serangan yang bisa mengakibatkan Unbalance sementara kamu menggunakan serangan terkuatmu. Jangan sampai lengah melakukan healing.
Event lagi setelah menang, kemudian lanjutkan ke Prince's Palace. Sembuhkan diri jika perlu sebelum meninggalkan El-Qaral. Akan ada event di Mislato River dan kamu akan melawan musuh dengan menggunakan kelompok Chrodechild, kelompok Asad dan kelompok Hero. Nggak terlalu sulit, karena keroco biasa. Selesai event, cobalah untuk meninggalkan Mislato River. Mendekati akhir, akan ada event lagi dan kamu akan kembali secara otomatis ke HQ.

HQ
Lihat event lagi dan para Blades akan bergabung secara permanen denganmu. Kamu bebas menjelajah kastil baru kamu sekarang. Seperti kata Manaril, kamu harus menemui Mumbal. Jadi pergilah ke 3F dan masuki pintu di sisi kanan untuk event lagi. Sekarang turun ke 1F terus ke arah kiri, arah ke penginapan. Naik ke sisi kiri atas untuk Hero berganti pakaian. Selanjutnya, temui Moana kemudian pergilah ke Gateway.
Hotupa akan memberitahukanmu tujuan berikutnya, jadi kembalilah ke Great Hall di 4F. Roberto wajib dibawa, tentukan 2 karakter lagi. Tinggalkan HQ dan pergilah selama 1 hari kemudian kembali lagi ke HQ untuk menemui Zenoa. Tujuan kamu adalah Tehah Village, tapi nggak ada salahnya kamu melakukan Quest serta perekrutan karakter terlebih dahulu. Setelah puas, saatnya menuju ke Tehah Village.
= Usahakan mengunjungi ruangan Porpos setiap kali selesai pertarungan besar. Kamu akan menemui Namna di musim Bud, bicara dulu dengan dia. Setelah beres, SELALU BICARA DENGANNYA DI MUSIM SPROUT. Dia karakter paling menyusahkan untuk direkrut.=
Meruvis (22/108)
Asad (23/108)
Semias (27/108)
Wustum (28/108)
Geschutz (32/108)
Buchse (34/108)
Sotah (38/108)
Icas (40/108)

CHAPTER 7: CHANGES

Marsinah Plains - Cragbark
Bicaralah dengan Nhazu di Plaza jika mau, kemudian kalau kamu belum mengaktifkan event sup di Inn, kamu bisa aktifkan sekarang. Kamu bisa menjelajahi Ch'olui Mountains jika mau. Setelah beres, kamu bisa meneruskan merekrut karakter atau melanjutkan perjalanan kamu ke Marsinah Plains. Sebaiknya persiapkan diri, saat memasuki Marsinah Plains, cobalah menuju ke area tengah untuk boss.

BOSS: Peklar
Boss ini lumayan kuat, tapi nggak terlalu merepotkan. Serangan Hero dan Roberto cukup efektif menjatuhkan boss ini. Lebih bagus kalau kamu membawa Jale, karena serangan dia cukup kuat.
Setelah menang, lihat event lagi dan kamu akan mengendalikan karakter lain. Gunakan saja serangan gabungan mereka untuk menjatuhkan musuh dengan cepat. Beres, ikuti mereka menuju ke kota mereka. Letaknya ada di tengah area ini, cari saja tempat dengan titik merah dan masuk ke dalam untuk event lagi. Pergilah ke Inn untuk menemui teman lamamu lagi kemudian susul Diulf ke Hse of the King untuk event lagi dan beristirahatlah di Inn.

BOSS: Nova & Mysterious Girl
Serangan Nova cukup kuat dan kalau pertahanan kamu nggak kuat, siap-siap saja untuk damage besar. Kalau kamu membawa magician, pertahanan magic Nova cukup lemah jadi bisa kamu serang dengan magic. Perhatikan HP dan jangan sampai lengah. Masterpiece dan Two Way Strike cukup efektif juga. Tujuan kamu adalah mengalahkan Nova, jadi hiraukan saja Mysterious Girl.
Event lagi kemudian kembalilah ke HQ untuk melaporkan hasilmu ke Liu di Great Hall. Jangan lupa melakukan save dan mempersiapkan kelompokmu. Tapi sebelumnya kamu diberikan kesempatan untuk merekrut karakter terlebih dulu. Setelah kamu siap, pergilah ke Great Hall dan terima tawaran Liu untuk berangkat.
Balsam (42/108)
Sphiel (54/108)
Teruskan saja ke utara untuk menemui musuh. Nggak sulit, gunakan serangan terkuat yang kamu miliki kemudian lanjutkan lagi ke utara untuk menghabisi musuh berikutnya. Saat menghadapi musuh berikutnya, dengan menggunakan Chrodechild dan Hero, kamu nggak akan bisa menang. Lihat event kemudian pergilah ke Hse of the King dan lanjutkan ke Town Square. Kamu akan mendapatkan Furious Roar.
Servillah (57/108)

CHAPTER 8: DIVINE

HQ
Kembali ke HQ setelah semua urusan beres dan masuki kamarmu di 4F sisi kanan (ada save point di dekatnya). Selesai event, lanjutkan ke ruangan Blade yang ada di 2F sisi kiri untuk menemui Chrodechild serta mengetahui tujuan berikutnya. Saatnya melatih karaktermu serta merekrut karakter. Sebaiknya latih karakter-karakter barumu, terutama Diulf serta Chrodechild. Lakukan trading jika mau untuk meningkatkan stok di Armory.
Setelah puas melatih karakter, pergilah ke Grand Hall kemudian ke Plaza. Kamu bisa keluar dulu untuk menaikkan level kemudian masuk lagi ke dalam untuk berbicara dengan Moana. Naik ke lantai 3 dan masuki ruangan kanan untuk event lagi. Tinggalkan HQ lagi selama beberapa hari kemudian masuk lagi ke dalam. Moana akan memberitahukanmu mengenai kembalinya Servillah dan Lycia. Naik ke 4F dan masuki Grand Hall, terima tawaran Liu jika siap.

Pharamond
Setelah event pendek, kamu akan mengendalikan kelompok Diulf. Gunakan saja serangan terkuat mereka dan kamu bisa meneruskan. Terus sampai kamu memasuki Istana, hiraukan dulu jalan lain dan terus ke kanan untuk menemui boss pertama.

BOSS: General Guts x2
Gunakan serangan terkuat yang kamu miliki tapi perhatikan HP serta MP kamu. Kalau level Hero dan Chrodechild cukup tinggi, boss satu ini nggak akan jadi masalah besar. Kalau mau lebih mudah lagi, gunakan serangan magic yang menyebabkan status paralyze atau sleep.
Setelah menang, sembuhkan HP dan MP Chrodechild karena kamu akan menggunakan dia kelak. Persiapkan Chrodechild dengan dua pedang untuk mempermudah battle kelak. Selesai dengan persiapanmu, lanjutkan terus ke kanan untuk event lagi dan kamu akan mengendalikan Chrodechild sendirian.

BOSS: Fredegund
Pertarungan one-on-one! Gunakan skill terkuat Chrodechild sambil memperhatikan MP serta HP. Kalau kamu memasangkan magic Bind Bolt, gunakan sampai Fredegund terkena efek paralyze kemudian serang. Pertarungan ini akan sulit kalau level kamu rendah, tapi kalau level mencukupi maka kamu nggak akan mengalami masalah berarti. Lakukan heal dengan item jika diperlukan.
Menang, lihat event lagi. Keluar dari kamar ini dan kembali ke ruang tahta untuk menemui Chrodechild. Selesai dengan event, kembali ke HQ. Kamu bisa menaikkan level karakter dulu. Pasangkan magic serta skill TERKUAT di semua karakter dan jangan dirubah-rubah lagi untuk saat ini.
= PASTIKAN KAMU SUDAH MEREKRUT NAKIL, HAFIN, WUSTUM, GESCHUTZ, MINEN, BUCHSE DAN NOMNO. =
Setelah kamu siap, pergilah ke Grand Hall untuk event. Kemudian kembalilah ke Pharamond (awas musim). Lihat event dan persiapkan Hero sebaik mungkin. Lanjutkan ke pintu di sebelah kanan atas dan ikuti jalan untuk menemui boss.

BOSS: Fergus
Fergus kuat di serangan magic, gunakan skill terkuat Hero untuk mengalahkannya. Dia sama seperti Conon, cuman masalahnya kamu hanya sendirian disini. Perhatikan HP dan serang terus, dia akan jatuh dalam waktu singkat.
Liu akan bergabung denganmu. Jadi pasangkan equipment jika kamu belum mempersiapkannya kemudian ikuti jalan yang ada sampai kamu tiba di ruangan berikutnya.

BOSS: Cyclops
Masterpiece milik Hero merupakan kunci kemenanganmu. Liu bisa menggunakan serangan magic terkuatnya kalau mau, tapi perhatikan juga MP karaktermu. Hati-hati saat terkena status paralyze. Kalau kamu jarang menggunakan Liu, pertarungan ini akan berjalan cukup sulit.

EVENT BOSS: Nova, Sophia & Diadora

Ravine of Infinity - Woodland Village
Lihat event kemudian yang kamu harus lakukan hanyalah pergi ke sisi kiri atau kanan sampai kamu tiba di sebuah hutan. Setelah event, kamu bisa memeriksa toko yang ada terlebih dulu sebelum menuju ke Vacant House. Beristirahatlah disana, kemudian keluar dan Luo Tao akan bergabung. Lanjutkan ke Pth to Grt Tree kemudian masuk ke dalam untuk event. Selesai event, persiapkan diri dulu kemudian keluar.
Waspada terhadap musuh baru ini, karena mereka bisa menyebabkan status poison. Gunakan saja serangan terkuat yang kamu miliki plus konsentrasi dulu ke satu musuh sebelum menghabisi yang lain. Lihat event lagi kemudian tinggalkan area ini untuk tambahan event. Kamu akan mendapatkan Tatau Council. Selesai event, kamu akan meninggalkan tempat ini dan tiba di Woodland Village.

Noslaw Woods - HQ
Dungeon satu ini sangat merepotkan disaat musim Flower. Ikuti saja jalan yang ada sampai kamu tiba kembali di World Map. Tujuan kamu adalah kembali ke HQ, tapi akan ada event pendek saat kamu tiba di Naineneis. Lanjutkan perjalananmu memasuki HQ untuk event. Untuk saat ini HANYA ganti skill atau magic jika kamu mendapatkan yang lebih kuat. Jangan lupa melakukan save kemudian pergilah ke Grand Hall di 4F untuk meneruskan cerita. Kamu akan dibagi menjadi 2 kelompok. Fredegund wajib dibawa untuk kelompok Chrodechild.

Wilds of Veile
Kamu akan mengendalikan Hero, pergilah ke sisi kanan atas untuk melawan musuh. Nggak terlalu sulit kalau kamu membawa karakter yang kuat. Karena mereka merupakan pasukan Auster, serangan magic cukup efektif menjatuhkan mereka. Menang, akan ada event lagi dan kamu akan mengendalikan kelompok Chrodechild.

BOSS: Beardsley & Cynas Conscript x2
Gunakan serangan gabungan Chrodechild dan Fredegund untuk mengalahkan musuh dengan cepat. Walaupun demikian, sebaiknya satu karakter bersiap untuk melakukan healing sebelum 2 Cynas Conscript kamu kalahkan. Setelah Beardsley tinggal sendirian, semua karakter bisa menggunakan serangan terkuat mereka untuk menjatuhkannya.
Kembali ke Hero, ikuti jalan ke kanan untuk tiba di area selanjutnya. Sembuhkan diri jika perlu kemudian lanjutkan ke kanan untuk bertemu boss.

BOSS: Vaslof & Aster Soldier x2
Serangan magic lebih efektif dibandingkan serangan fisik. Namun Masterpiece Hero masih tetap efektif. Pusatkan dulu serangan ke satu musuh, perhatikan HP sampai kedua musuh jatuh dan meninggalkan Vaslof sendirian. Kalau mau, kamu bisa menggunakan magic milik Hero ke Vaslof, damage -nya cukup lumayan kok.

HQ
Phew... Kamu bisa menarik nafas lega sementara. Walaupun Liu meminta kamu untuk menuju ke Grand Hall, kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk merekrut karakter serta menaikkan level. Karakter yang sebaiknya kamu naikkan level adalah Chrodechild, Asad, Diulf dan Liu karena mereka akan sering kamu gunakan. Naikkan juga level beberapa karakter yang kamu rasa sesuai dibawa di dalam party kelak.
Setelah beres menaikkan level dan merekrut, pergilah ke Grand Hall untuk event lagi. Turun ke bawah untuk menerima berita baru dari Moana. Saat berbicara dengan Zenoa, tanyakan semua pertanyaan yang ada dan kamu bebas menaikkan level serta merekrut karakter lagi.
Bosche (70/108)
Savina (75/108)
Eusmil (77/108)
Nictis (78/108)
Setelah beres dengan urusan karakter, pergilah ke Chronicle Room di 3F kemudian ke Great Hall. Kamu kelak akan membagi kelompok kamu menjadi 4 dan tiap kelompok akan menghadapi boss. Jadi persiapkan kelompok kamu SEBAIK mungkin. Hero, Liu, Logan, Jale, Asad, Manaril, Chrodechild, Neira dan Nimni wajib kamu bawa. Lebih bagus lagi kalau mereka sudah mencapai level 30-an dan memiliki equipment terbaik.

BOSS: Water Dragon Conon
Kamu akan menggunakan kelompok Neira. Sebaiknya kamu memiliki 2 healer untuk mempertahankan HP karena serangan boss ini cukup kuat. Serangan fisik sepertinya lebih efektif ketimbang serangan magic. Serangan magic boss ini juga lebih kuat, walaupun demikian jangan meremehkan serangan fisiknya. Kalau kamu membawa karakter yang memiliki Magic Canopy, jangan segan-segan menggunakanya.

BOSS: StlGiant Ferguss
Kali ini giliran kelompok Jale dan Logan. Terbalik dengan boss sebelumnya, dia lebih memusatkan diri pada serangan fisik. Two-Way Strike Jale sangat efektif, jika kamu membawa Selen juga, gunakan serangan gabungan mereka. Semoga kamu membawa karakter yang memiliki Healing Wave serta membawa Eunice sebagai support karena akan sangat membantu di dalam battle.

BOSS: Nova & Sophia (2x encounter)
Pusatkan seranganmu ke Nova. Dia belum berubah banyak dari pertarungan terakhir. Kamu pertama kali akan menggunakan kelompok Chrodechild, baru kemudian menggunakan kelompo Hero. Kesulitan disini adalah Nova sering sekali melakukan defend atau counter. Jadi serangan gabungan serta serangan magic cukup efektif disini.
Kamu dapat kesempatan untuk melakukan save, jadi jangan lupa untuk melakukan save. Kalau kamu terluka banyak, beristirahatlah di Inn dan ganti karakter jika mau. Kamu sebaiknya membawa karakter yang memiliki magic kuat selain Liu serta healer. Setelah siap, pergilah ke pintu masuk di sisi kanan Plaza untuk boss berikutnya.

BOSS: Demon Beast
Boss satu ini memiliki serangan fisik dan magic yang sama menyakitkan. Defense Canopy dan Magic Canopy bisa cukup membantu. Gunakan serangan magic karena lebih efektif ketimbang serangan fisik. Pertahankan saja HP serta MP agar kamu bisa terus menyerang dan boss ini akan segera jatuh.
Lihat event lagi, kembali ke Plaza dan kamu diharuskan menuju ke Grand Hall. Semoga kamu sudah merekrut Nakil, Hafin, Wustum, Geschutz, Minen, Buchse dan Nomno. Kalau tidak, kamu bisa mengucapkan selamat tinggal ke mereka. Asad dan Mural wajib dibawa di chapter berikutnya jadi siapkan mereka sebaik mungkin.

CHAPTER 9: DESPAIR

Desert - Salsabil
Tujuan kamu adalah El-Qaral. Tapi saat tiba di Flesaria Forest-South, akan ada event yang cukup mengejutkan. Kamu akan tiba di Desert, tujuan kamu sekarang adalah area tengah dimana terdapat reruntuhan kota. Kalau kesulitan menemukannya, susuri pegunungan di selatan dan terus ke kanan sampai kamu melihat pintu keluar menuju ke World Map (warna kuning). Dari arah situ, ke utara saja sampai menemukan reruntuhan kota.
Masuk ke dalam untuk event dan Asad akan mengusulkan untuk pergi ke Salsabil. Dari reruntuhan kota, kamu tinggal terus ke selatan dan keluar menuju World Map. Setelah pembicaraan pendek, pergilah ke Royal Palace untuk event lagi. Masuk ke dalam untuk menemui para penghuni kemudian pergilah ke Inn. Kamu akan mendapatkan Ancient Covenant setelah event.
Tinggalkan Inn dan Taj akan bersikeras ikut denganmu. Persiapkan dirimu, jangan lupa melakukan save kemudian cobalah kembali ke HQ. Kamu akan menjumpai musuh lagi ditengah perjalanan.

EVENT BOSS: Demon Beast
Lihat event lagi kemudian lanjutkan perjalananmu ke HQ. Kamu akan langsung disambut oleh event. Masuk lagi ke dalam HQ dan susun kelompokmu sekalian melakukan perekrutan karakter jika mau. Oh ya, Hotupa dan Luo-Tao akan ikut bersamamu untuk quest selanjutnya. Jadi jangan lupa mempersiapkan mereka sebaik mungkin. Kalau kamu sudah cukup siap, kembali ke Janam Desert.
Sham (79/108)
Tsaubern (81/108)

Janam Desert
Sebaiknya masuk dari arah Salsabil, dari sana pergi dulu ke Mysterious Ruins yang bisa kamu temukan di sisi kanan dekat sungai. Hati-hati karena dungeon satu ini berisi banyak musuh kuat, kabur kalau sudah panik. Di dungeon ini kamu akan menemukan Keflen, bawa dia ke akhir dungeon ini kemudian bawa dia ke HQ karena dia adalah tujuanmu memasuki dungeon ini. Kembalilah ke HQ untuk "meletakkan" dia terlebih dulu kemudian kembali ke Janam Desert.
Oh ya, pastikan kamu memiliki persedian Revival Statue yang mencukupi untuk pertarungan boss mendatang. Masuki Buried Mage City yang ada di utara area keluar dari Salsabil. Pergilah ke Arcn Acadmy Rns dan turuni tangga yang ada sampai ke dasar. Sembuhkan HP sebelum memasuki ruangan yang ada karena akan ada event.

BOSS: Diadora & General Guts x2
Pusatkan Luo-Tao sebagai healer sementara kamu dan karakter lain menyerang dengan serangan biasa. Kamu belum bisa melukai Diadora karena dia berada di deretan belakang, kecuali kamu menggunakan magic atau senjata jarak jauh. Sebaiknya habisi dulu General Guys yang ada, baru serang Diadora. Kalau Luo Tao kurang cepat melakukan heal, sebaiknya tugaskan karakter ke empat melakukan healing. Hero bisa menggunakan Masterpiece seperti biasa. Siap-siap dengan Revival Statue karena ada serangan boss yang menyebabkan instant death, untungnya hanya ke satu karakter.

HQ
Kamu akan kembali ke HQ secara otomatis. Temui Liu yang berada di Grand Hall kemudian kembali ke Infirmary di 2F sisi kanan ruangan. Setelah beres, pergilah ke Gateway untuk menerima Endless Travels. Terima tawarannya dan lihat event yang ada. Ke selatan lalu ke kanan dan utara untuk event lagi. Lagi-lagi event dan kamu dapat kesempatan untuk menaikkan level karakter atau rekrut karakter.
Setelah beres, pergi ke Grand Hall untuk event. Kemudian turun ke bawah untuk mendapat berita dari Hotupa. Pergilah ke Gateway untuk bertemu Atrie kemudian lakukan save. Setelah yakin dengan semua persiapanmu, bicara dengan Liu dan terima tawarannya untuk menyerang Fort Arc. Kamu akan membagi kelompokmu menjadi 3, yaitu kelompok Hero dengan Nova di dalamnya, kelompok Asad yang sudah memiliki Logan dan kelompok Diulf yang sudah memiliki Chrodechild dan Nimni. Jangan lupa memasang Mark of Stars Nova!
Misrach (84/108)

CHAPTER 10: OFFENSIVE

Fort Arc
Yang ada disini hanyalah battle, battle dan battle. Begitu masuk, kelompok Hero akan menghadapi lawan. Habisi saja mereka seperti biasa kemudian langsuuuuung saja ke utara. Akan ada beberapa pertarungan dengan menggunakan kelompok lain. Tapi kalau persiapanmu sudah cukup matang, kamu nggak akan kesulitan. Mendekati akhir, kelompok Hero akan menghadapi "teman" lama.

BOSS: Vaslof & Resno
Flame Vortex milik Hero sangat efektif dalam menyerang musuh yang memiliki kelemahan di magic. Pusatkan serangan ke satu musuh dulu, Resno lebih baik. Satu karakter sebaiknya bersiap melakukan healing. Nova bisa melakukan skill terkuat yang dia miliki dan sisanya menggunakan skill atau magic terkuat yang bisa digunakan. Serangan Vaslof dan Resno sama-sama menyakitkan, jadi Defense Canopy bisa cukup menyelamatkanmu karena serangan mereka sebagian besar merupakan serangan fisik.
Menang, lanjutkan perjalananmu untuk menemui Sophia. Kamu nggak akan menang melawan musuh ini jadi bertahan saja selama beberapa turn sebelum muncul event.

HQ
Kamu akan kembali ke sini secara otomatis. Lihat event kemudian pergilah ke Inn kemudian ke sisi kiri atas. Kamu akan menemui Nova untuk event lagi. Setelah beres, temui Liu di Grand Hall untuk event lagi. Persiapkan kelompokmu sebaik mungkin karena pertarungan akan cukup sulit di dungeon berikut. Kamu juga bisa melakukan perekrutan dan menaikkan level terlebih dahulu.
Vaslof (88/108)
Resno (89/108)

Mount Svatgol - Luvenik
Dari pintu masuk, kalau kamu terus ke kiri dan ke selatan, kamu akan bertemu Gorno. Hiraukan jalan ke barat karena itu akan membawamu ke Grayridge. Dungeon satu ini merupakan dungeon menyebalkan dengan berbagai jalan memutar serta jalan rahasia dan yang paling parah, musuh disini lumayan kuat. Manfaatkan Command Support Spark dari Gadburg untuk menghabisi musuh lemah. Jangan segan untuk kabur jika perlu.
Sebaiknya kamu memfokukan diri untuk mencari jalan keluar secepat mungkin. Kamu bisa kembali menjelajahi tempat ini setelah kamu memiliki akses ke World Map, jadi kamu bisa bolak-balik ke kota untuk beristirahat jika diperlukan. Setelah tiba di World Map, masuki kota Lugenik yang ada. Silahkan berputar-putar dulu dan berbelanja jika uangmu cukup. Masuki Chief's Room setelah puas berbelanja untuk event.
Selesai event, sebaiknya kamu melakukan save dulu di Inn/Tavern. Persiapkan dirimu kemudian pergilah ke Ancestral Altar. Saat kamu memasuki Ancestral Altar, ada pembicaraan pendek dan boss.

BOSS: Oracle Soldier A & Oracle Soldier B
Oracle Soldier B bisa menyebabkan status silence ke magician mu. Serangan fisik dan serangan magic sama efektifnya, jadi kamu bisa sedikit bervariasi dalam menyerang. Sebaiknya habisi dulu yang perempuan, dan jangan lupa menggunakan Defense Canopy sebagai pertahanan. Pertarungan ini akan berlangsung cukup lama karena defense boss ini cukup tinggi, jadi sabar saja.
Lanjutkan ke dalam untuk event lagi kemudian keluar dan pergilah ke Chief's Room. Sekarang kamu bisa kembali ke HQ untuk melaporkan keberhasilanmu.

HQ
Moana akan menyambutmu, lanjutkan ke Gateway untuk bertemu Hotupa lalu temui Liu di Grand Hall seperti biasa. Cobalah keluar untuk melihat event lagi. Jangan lupa memasakan skill ke karakter barumu, terutama magic berelemen air dan skill Sand Crumbler untuk pertarungan mendatang. Kamu akan terbagi menjadi 3 kelompok, Nova wajib dibawa. Kelompok Hero, kelompok Neira dan kelompok Vaslof. Terima tawaran Liu setelah siap. Sebaiknya bawa Eunice untuk support kelompok Hero.

Fort Arc
Kelompok Neira akan maju lebih dulu, kemudian kelompok Vaslof. Sand Crumbler akan menghabisi musuh dengan cepat. Untuk kelompok Hero, kamu bisa langsung lurus saja untuk menghadapi boss tempat ini.

BOSS: Dust Sophia
Serangan magic berelemen Water serta Sand Crumbler SANGAT efektif untuk boss ini. Serangan Hero dan Nova sayangnya kurang efektif, jadi sebaiknya pusatkan saja mereka sebagai healer. Jangan lupa Defense Canopy dan Magic Canopy sebagai pertahanan. Ada kemungkinan kamu akan melakukan healing di setiap turn, jadi jangan ragu.
Kashgar (92/108)

HQ
Persiapkan Hero sebaik mungkin karena akan ada pertarungan one on one kelak. Manfaatkan waktu ini untuk merekrut karakter dan menaikkan level. Setelah siap dengan semua persiapanmu, save kemudian pergilah ke 2F dan ke ruangan sebelah kanan untuk event lagi. Keluar untuk event dan pilih "Fine, just let Liu go. " dan kamu akan otomatis dibawa ke Plaza.

BOSS: Dirk
Untuk bagian awal, kamu nggak bisa menggunakan Mark of the Star. Jadi gunakan saja serangan fisik dan lakukan heal dengan item. Setelah 2 turn, kamu bisa menggunakan mark of star lagi. Flame Vortex dan Masterpiece masih efektif. Perhatikan saja HP serta MP dan kamu akan baik-baik saja.
Lihat event lagi dan kamu akan mendapatkan Furious Roar lagi. Saat kamu bisa kembali mengendalikan Hero, lakukan perekrutan karakter dan menaikkan level terlebih dulu. Dungeon berikut akan cukup berat, jadi maksimalkan persediaan item.
Sophia (99/108)
Mun-Tsang (101/108)

CHAPTER 11: COLLAPSE

Rarohenga
Sophia akan bergabung denganmu secara otomatis. Persiapkan dirimu sebelum menuju ke Rarohenga. Pasangkan mark of stars yang baru, Hero memiliki Two-Way Strike yang cocok untuk menggantikan Masterpiece. Begitu masuk, kamu akan mendapat sambutan.

BOSS: Akephaloi
Two-Way Strike Hero sangat efektif. Sophia sebaiknya bertahan sebagai healer sementara 2 karakter pilihanmu menggunakan serangan terkuat mereka. Fredegund dan Chrodechild memiliki serangan gabungan yang kuat, kalau kamu membawa mereka.
Kalau kamu terluka parah, sebaiknya cari kota terdekat untuk beristirahat. Musuh di dalam Rarohenga kuat-kuat. Begitu masuk, tujuan kamu adalah sisi selatan dengan memutari pegunungan yang ada. Di sisi selatan, kamu akan melihat titik biru. Sembuhkan dirimu sebelum masuk ke dalam.

EVENT BOSS: Valfred (2x)

HQ
Kembali ke HQ, kamu pasti tahu tujuan kamu berikutnya. TAPI sebaiknya kamu merekrut sisa karakter yang ada terlebih dahulu sebelum menuju ke Grand Hall. Seperti kata Moana, jangan sampai ada yang ketinggalan. Tapi kalau yang berhubungan dengan Magedom kelewatan, yaaah apa boleh buat. Setelah siap, pergilah ke Grand Hall.
Hao-Shi (104/108)
Temui Atrie di Gateway kemudian temui Zenoa. Pastikan untuk menolak usulannya. Lanjutkan ke Chronicle Room kemudian temui Liu untuk event. Kamu kelak akan terbagi menjadi 4 kelompok. Hero dan Liu berada di satu kelompok, jadi pastikan kelompoknya memiliki anggota seimbang dan Eunice sebagai support. Jangan lupa memasangkan mark of stars terkuat yang ada.

Cynas
Di dalam kamu akan melawan 2 Akephaloi. Gunakan strategi yang sama seperti kamu melawannya sebelumnya. Sembuhkan diri setelah menang dengan menggunakan item kemudian lanjutkan ke kiri.

BOSS: Angel Macoute
Boss ini punya kemampuan untuk menimbulkan serangan status. Kalau kamu membawa Eunice, kamu bisa sedikit bernafas lega. Tapi kalau tidak, maka kamu harus secepatnya menyembuhkan mereka yang terkena status. Two Way Strike merupakan serangan yang paling efektif bagi Hero. Liu sebaiknya berfungsi sebagai support dan dua karakter lainnya bisa berperan sebagai attacker atau healer, tergantung siapa yang kamu bawa. Pertarungan ini akan berjalan cukup lama dan kamu akan menghabiskan cukup banyak item, jadi pastikan kamu siap.
Setelah menang, kamu bisa menuju ke kota. Beristirahatlah di Inn dan perbaharui item milikmu. Pastikan save karena TIDAK ADA save point di dalam.MasukiTower of the Way setelah siap. Kelompok Asad dan kelompok Chrodechild akan menghadapi musuh, tapi kalau persiapan cukup, nggak ada masalah. Saat tiba di 3F, sembuhkan dirimu sebaik mungkin sebelum meneruskan karena ditengah jalan kamu akan bertemu boss lagi.

BOSS: Angel Beardsley
Silence Sand milik Liu dan Two-Way Strike Hero merupakan cara paling cepat untuk menyerang boss ini. Gunakan saja serangan terkuat yang kamu miliki karena boss ini tidak terlalu kuat.
Semoga persediaan item kamu masih cukup karena kamu masih ada perjalanan yang cukup panjang. Kelompok Diulf akan maju saat kamu meneruskan perjalanan. Sama seperti kelompok Chrodechild dan kelompok Asad, semua tergantung kepada setting kelompokmu. Saat tiba di 4F, kamu pasti ingat jalan ini. Hiraukan jalan menuju ke ruangan Chancelor dan sembuhkan dirimu sebelum menuju ke jalan sebelah kanan.

BOSS: Valfred & Gigas Arms
Magic Canopy wajib digunakan di dalam pertarungan ini. Kedua boss ini merupakan lawan kuat tapi karena Gigas Arms berada di deretan belakang, kamu nggak bisa menyerangnya kecuali dengan menggunakan magic atau serangan jarak jauh. Valfred juga sama kuatnya, dan dia memiliki kemampuan menimbulkan status paralyze. Gunakan serangan terkuatmu untuk menjatuhkan Valfred terlebih dulu, baru hantam Gigas Arms.
Selesai mengalahkan boss ini, kamu akan menghadapi One King. Dia tidak bisa dikalahkan jadi serang saja sebisa kamu dan lihat event. Pilih terserah kamu, sampai muncul pilihan "....." saat Marica membangunkanmu, kemudian pilih "Dirk, but I thought you... " dan ".....". Lakukan ini sampai kamu mendapat pilihan baru, pilih "It's all the same." untuk meneruskan cerita. Pergilah ke Grand Hall untuk event.
Setelah semua bergabung, kamu akan mendapatkan Resonant Horor. Pergilah ke Cynas untuk mengetahui perkembangan selanjutnya kemudian kembali ke HQ. Pergi ke Chronicles Room untuk menemui Mubal dan kamu akan dapat 2 pilihan. Kalau kamu setuju, berarti kamu akan mendapatkan BAD ENDING. Jadi TOLAK tawaran teman-temanmu untuk GOOD ENDING kelak.

CHAPTER 12: FINALE

Other Cynas
Lu-Tao wajib kamu bawa, dia cukup efisien sebagai healer tapikalau kamu nggak yakin, bawa lagi satu healer. Musuh-musuh di dungeon ini tergolong kuat, jadi support Rufa sangat membantu untuk kabur dalam pertarungan. Yang lebih parah, sama seperti sebagiabn besar dungeon sejauh ini, nggak ada save point di dalam. Ikuti saja jalan yang ada sambil mengambil item dan saat kamu hampir mencapai puncak, sembuhkan diri sebelum meneruskan.

BOSS: Queen
Serangan boss ini sebagian besar mengenai semua karakter, jadi kalau pusatkan Lu-Tao sebagai healer atau karakter lain siap-siap menggunakan Mega Medicine. HP boss ini juga cukup banyak, sebaiknya kamu bertahan dengan Masterpiece untuk menghemat HP Hero. Jangan segan menggunakan item untuk bertahan hidup dan jangan lupa, sabar.
Peaceful End akan kamu dapatkan setelah mengalahkan boss ini. Sialnya, kamu lagi-lagi harus jalan kaki keluar dan kembali ke HQ untuk melaporkan keberhasilanmu. Pergilah ke Gateway selesai event. Setelah kamu siap dengan segala sesuatu (jangan lupa save), pergilah ke Grand Hall untuk mengabarkan bahwa kamu siap. Kamu akan berada di depan kamarmu, sebaiknya berputarlah dulu di Kastil dan bicara dengan teman-temanmu sebelum beristirahat.

Statue of One King
Sialnya Marica dan Jale merupakan kewajiban untuk dibawa saat ini, tapi nggak usah khawatir karena nggak ada pertarungan berat. Lihat saja event yang ada dan ikuti jalan sampai kamu bertemu Moana lagi. Front Plaza merupakan tempat untuk melakukan semuanya, termasuk merubah karaktermu. Kamu bisa mengubah Marica dan Jale jika mau, gunakan karakter terkuat yang kamu mau dan siapkan BANYAK item penyembuh. Masuk ke Statue of One King.

BOSS: Death Valfred
Hero menggunakan Ire kemudian Two Way Strike untuk damage besar. Sama seperti sebelumnya, pastikan ada satu atau dua karakter yang bersiap untuk melakukan healing karena serangan boss ini lumayan kuat. Kerahkan semua serangan terkuatmu untuk menghabisi kakek egois ini.
Menang, keluar dulu untuk menyembuhkan dirimu. Perbaharui item kalau perlu, naikkan level atau perbaharui equipment jika memungkinkan. Setelah persiapanmu beres, masuk ke dalam. Kalau kamu mengincar item, kamu akan banyak naik turun. Sebisa mungkin naikkan level kamu sampai 70 atau 80. Saat mencapai 4F, kamu akan menemukan save point terakhir. SAVEEEE!!! Teruskan penjelajahan kamu sampai mencapai puncak (ada cahaya), sembuhkan diri dan maju!!

FINAL BOSS: ONE KING
Heal dan heal setiap turn karena boss satu ini lumayan cepat. Gunakan Ire milik Hero kemudian kerahkan serangan terkuatmu. Selain cepat, boss ini nggak terlalu merepotkan kalau persiapan levelmu mencukupi. Untuk bentuk KE DUA, nggak berbeda jauh karena kamu harus melakukan heal akibat serangan One King yang lumayan besar. Untungnya dia sedikit lebih lambat. Bentuk KE TIGA merupakan bentuk paling melelahkan karena serangan plus defense miliknya yang kuat. Gunakan Revival Statue untuk membangkitkan karakter yang KO secepat mungkin. Magic Canopy dan Defense Canopy juga bukan hal yang buruk. Di bentuk ketiga ini, gunakan SEMUA item dan serangan terkuatmu. Nggak ada gunanya lagi buat disimpan-simpan.
 
CONGRATULATIONS!
108 STARS OF DESTINY
Biasanya pilihan untuk merekrut karakter adalah pilihan 2. Ada beberapa karakter yang ada kemungkinan bisa dilewatkan kalau tidak cepat-cepat direkrut. Jadi lakukan Quest sebanyak dan sesering mungkin.
- Anya: Chapter 3, setelah memberi nama kastil, temui dia di Grayridge Mine.
- Selen: Saat musim Flower, masuki HQ untuk event. Jalan-jalan dulu di World Map kemudian masuk lagi ke dalam HQ. Kalahkan dia one on one dengan menggunakan Jale.
- Sisuca: Setelah 10 orang bergabung, keluar ke World Map kemudian pergilah ke Elder's House di Citro Village. Kembali ke HQ dan bicara dengannya di Inn.
- Tongatihi: Dengan bantuan Wanderer, masuk ke dalam Corridor - Gateway. Jalan ke sisi kanan dan temui dia. Selesaikan Quest Window Information dan Windows from Beyond Gateway (walaupun kamu pasti gagal), kemudian bicara lagi dengannya.
- Gadburg: Saat kamu hendak menuju ke Naineneis untuk bertemu para Porpos, keluar dari pintu utama (kiri dari plaza).
- Luvais: Temui dia di Grayridge Order Chapter Hall kemudian Tehah Village. Kembali ke HQ dan dia akan memberitahukan mengenai serangan musuh. Kalahkan musuh yang ada.
- Muro: Selesaikan Quest Demon Hunting in Gineh.
- Semias: Setelah para Poros bergabung, pergilah ke Inn di Naineneis dan bicara dengannya. Kembali ke HQ dan bicara dengannya di Inn.
- Wustum: Bicara dulu dengan nenek tua di Inn Tehah Village untuk event sup kemudian jalankan Quest Find the Chef. Bicara dengan Asad kemudian kembali ke Tehah Village, bicara dengan nenek tua kemudian pergilah ke Ch'olui Mountains. Di area dengan papan petunjuk, teruskan ke sisi kiri atas dan kalahkan musuh dengan menggunakan Wustum. SECEPATNYA REKRUT!
- Nomno: Kamu harus merekrut Wustum terlebih dulu. Bicara dengan Nomno di restauran kemudian bicara dengan Nemne di ruangan Porpos di 3F. Bicara dengan Wustum di restaurant untuk merekrut Nomno. SECEPATNYA REKRUT!
- Yadima: Setelah HQ kamu mengembang, pergilah ke sisi paling kiri untuk menemukan ladang. Bicara dengan Yadima kemudian selesaikan Quest Plowin' The Field. Kamu membutuhkan 4 karakter yang memiliki nilai strength minimal 110. Setelah Quest beres, bicara dengan Yadima di ladang HQ.
- Icas, Morrin & Yovel: Jalani Quest Find Somebody, Find Icas dan Bring Icas to me. Untuk memancing Icas, kamu butuh 4 cewek cantik untuk menyelesaikan Quest tersebut.
- Geschutz, Minen & Busche: Selesaikan Quest Arcane Academy Tour dan Special Proposal. SECEPATNYA REKRUT!
- Khemia: Bawa Geschutz untuk menemuinya di TownSquareCitroVillage. SECEPATNYA REKRUT!
- Hafin: Bawa Asad dalam kelompokmu setelah Chrodechild bergabung permanen dan pergilah ke MislatoRiver. SECEPATNYA REKRUT!
- Nakil: Setelah merekrut Hafin, kembali ke HQ bersama Asad dan Moana akan mengatakan soal Nakil. Asad akan pergi mencarinya selama beberapa hari. Setelah beberapa hari (atau minggu), saat kamu kembali ke HQ, Asad akan kembali bersama Nakil. SECEPATNYA REKRUT!
- Sotah: Temui dia Tellah Village-Residence. Setelah 4x bertanya, ajak dia bergabung. Dia akan menolak. Ajak lagi dia bergabung setelah Chrodechild bergabung secara permanen dan dia akan menerimanya.
- Nhazu: Setelah Tellah Village berubah, bicara dengannya di Plaza untuk event kemudian jalankan Quest Search for Nhazu! Kembali ke HQ untuk bertemu dengannya.
- Spiel: Jalani Quest Get Rid of Snow Fairy. Temukan dia di dekat rumah Dogha. Setelah dikalahkan olehnya, bicara dengan Dogha kemudian kembali ke cewek ini dan pilih "..I'm full. "
- Maybelle: Pergilah ke pincak Ch'olui Mountain setelah berubah kemudian bicara dengannya. Kembali ke HQ dan terima Quest Find My Fated Lover lalu keluarkan semua karakter cewek di kelompokmu dan masuk ke kamarmu. Masukkan karakter cewek lagi ke dalam kelompok dan tinggalkan HQ. Pilih "That's IT! I can't take it anymore!" lalu masuk lagi ke dalam kamarmu.
- Balsam & Yod: Temui mereka di Grayridge Mine dan pilih "It'll be interesting! " dan bawa mereka ke HQ. Pergilah ke Trade Outpost di Naineneis dan periksa Pump disebelah kanan toko. Kembali ke Balsam dan habiskan waktu selama 10 hari sebelum bicara lagi dengan Balsam.
- Nuzhat: Dengan menggunakan lift, pergilah ke Cellar. Bawa Mubal ke Salsabil-Residence dan bicara dengan nenek berpakaian ungu. Bicara lagi dengannya dan kalahkan monster buatannya.
- Rekareka& Tuhululu: Setelah mendapatkan kerja sama dengan para Porpos, temui mereka di Trade Post Naineneis. Jalani Quest Make My Son a Man dan I Need Laggart Pelts. Kirimkan saja karakter yang cukup kuat untuk menyelesaikannya.
- Numnu: Selesaikan Quest Order Approaches Naineneis terlebih dulu. Pergilah ke Naineneis Entry untuk event kemudian jalani Quest Porpos Abducted. Kalahkan ke tiga perampok yang ada untuk menyelesaikan Quest.
- Dromon, Xebec & Felecca: Setelah merekrut Numnu, pergilah keCoastalCavedan gunakan Geyser 3. Turun satu lantai (dengan memeriksa geyser) dan pergilah ke utara,

Komentar

  1. Ayo kk gabung dan mainkan judi online favorit kalian disini!
    Mau main Poker? Ada...
    Taruhan Bola? Juga Ada...
    Pasang Togel Online? Jelas Ada donk...

    POKERPAIR88.CLUB - Situs Poker Online Android Terbaik di Indonesia
    7 Game Dalam 1 User ID : Poker Online, Domino QQ, Bandar Ceme, Capsa Susun, Super 10, Pot Limit Omaha Poker & Ceme Keliling.
    * Minimal Deposit & Withdraw Rp 10.000

    PAIRBET.ONLINE - Situs Taruhan Bola Online Terpercaya
    - Judi Bola SBOBET
    - Casino SBOBET
    * Minimal Deposit Rp 25.000
    * Minimal Betting Rp 25.000 (Team), Parlay Rp 13.000

    BANDAR33.ORG - Bandar Togel Online dan Live Casino
    21 Game Dalam 1 User ID : Togel Singapore, Hongkong, Sydney, Thailand, Jayapura, Szechuan, Macau, Monopoly, Roulette, Poker Dice, Suwit, Head Tails, Sicbo, Billiards, Oglok, Gong Ball, Dice 6, Red White, 12D, 24D & 24D Spins
    * Minimal Deposit Rp 20.000
    * Minimal Betting Rp 1.000
    * Diskon Pemasangan : 4D=66%, 3D=59% dan 2D=28%
    * Pembayaran : 4D x3000, 3D x400 dan 2D x70

    Buruan Gabung Yuk kk...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Walktrought Gensosuikoden: Tsumugareshi Hyakunen Indonesia

Save Game Yugi ohh PSX

Cara memakai Cheat atau CWCheat di PPSSPP